Rabu, 15 Mei 2013

introducing critically endangered spesies of sumatran wildlife for kid through painting

" introducing critically endangered species of sumatran wildlife to purpose education 
about wildlife conservation for kid on an early age.  Proud to be a Wildlife Vet, 
can share experience about wildlife that I've ever treated to children with drawing. "

memperkenalkan flora dan fauna langka di Sumatera melalui belajar melukis keanekaragaman hayati yang terancam punah yang berada di hutan hujan tropis Sumatera pada anak usia dini. Kesadaran seseorang terhadap konservasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan di sekitarnya harus ditanamkan sejak masa kanak-kanak dengan berbagai cara agar perilaku itu tetap terbawa sampai usia dewasa.  Beruntung sekali saya punya keluarga yang dulunya merupakan aktivis konservasi satwa liar, sehingga penanaman nilai-nilai konservasi pada anak-anak akan jauh lebih mudah karena lingkungan keluarga sangat mendukung dan punya pola pikir dan idealisme yang seragam dalam hal konservasi satwa liar.

Bulan Mei 2013 saya kebetulan punya kesempatan untuk menjenguk orangtua di Jawa (Jakarta) selama beberapa hari.  Seperti biasa, saya adalah tipe orang yang tidak bisa diam dan selalu ingin punya aktivitas yang berkualitas setiap harinya.  Salah satu kegiatan yang saya sukai untuk dilakukan adalah selain memasak untuk keluarga, bermain ke pantai di Ancol, wisata kuliner juga bermain bersama 'teman-teman'. Yang dimaksud teman-teman disini adalah anak-anak kecil, karena saya suka berkawan dengan anak-anak kecil begitu juga sebaliknya, dengan mengajari melukis dan mewarnai.   Kebetulan sejak usia anak-anak saya juga sangat menyukai melukis baik dengan cat air ataupun cat minyak tetapi hobby yang satu itu tak pernah saya kembangkan. 

Selama beberapa hari mengajak anak-anak (keponakan) untuk menggambar bertemakan flora fauna yang terancam punah yang ada di hutan Sumatera.  Dan sebagai obyek untuk dilukis adalah satwa liar yang pernah menjadi pasien saya tentunya, yakni gajah, harimau dan orangutan serta flora langka di Bengkulu.  Meskipun usianya masih kecil dan masih sekolah di Taman Kanak-Kanak tetapi sudah dapat mengidentifikasi jenis-jenis satwa liar yang ada di Indonesia maupun yang ada di negara lain serta membaca dengan lancar deskripsi masing-masing species, bahkan biota laut yang tidak saya ketahui pun dia ketahui dengan baik.  Media belajar yang tersedia di rumah memang cukup banyak dan beragam dan dalam berbagai bahasa (Indonesia, English, Arabic dan Mandarin), berbeda dengan saat saya masih kanak-kanak tentunya.  Anak kecil di jaman sekarang jauh lebih cepat belajar dan mengetahui banyak hal dibanding pada masa saya dahulu, dan perkembangan teknologi sangat berpengaruh tentunya.  

Inilah kegiatan yang telah kami lakukan selama beberapa hari ini, dan di waktu berikutnya akan mengundang lebih banyak anak-anak untuk bergabung :

Menggambar dengan pensil warna dan oil pastels :)

Chelonia Musabine is drawing Sumatran elephants 'Tria and Bona' at home

 



She is drawing the giant flower 'Rafflesia arnoldi'





She is drawing a Sumatran tiger 'Mekar'


She is drawing a Sumatran orangutan 'Mona'

Menggambar dengan komputer :)





Note : 
fasilitas yang mendukung dan ide kreatif dari orang-orang di sekitarnya dapat menunjang kreatifitas anak sesuai dengan hobbynya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar