Minggu, 06 Juli 2014

Ini tentang capung (Dragon fly)





Capung adalah serangga mengesankan yang mempunyai dua pasang sayap kuat, transparan yang memungkinkan mereka menangkap serangga sambil terbang. Capung mempunyai mata yang besar untuk mengintai mangsanya. Nimfa capung hidup dalam air oleh karena itu capung dewasa biasanya terlihat dekat kolam, sungai, danau. 



Beberapa spesies mempunyai wilayah untuk mencari makanan yang mereka jaga dari capung yang lain. Suara gesekan sayapnya kadang-kadang terdengar saat capung berkelahi. Ketika kawin, biasanya capung terbang berdua sebelum yang betina bertelur di dalam air atau meninggalkannya pada tanaman air. Nimfa capung adalah carnivora yang aktif. Mereka makan serangga lain, tetapi juga dapat menangkap kecebong atau bahkan ikan kecil. 


Di bagian bawah dari kepala terdapat semacam penutup yang disebut mask (topeng). Penutup ini dipersenjatai dengan rahang dan taring tajam. Ketika istirahat topeng ini dilipat, tetapi dapat dijulurkan untuk menangkap mangsanya.


Mata capung cukup besar sehingga capung dapat melihat hampir ke segala arah. Mata itu sensitif terhadap gerakan yang paling kecil sekalipun di sekitarnya. Bila dicermati dengan seksama, akan terlihat mata faset (majemuk), masing-masing mempunyai lensa sendiri, bersama-sama semua mata itu membentuk bayangan yang dilihat.



(Sumber : Tell Me When ? The Natural World)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar