Minggu, 23 November 2014

Temukan berbagai jenis dan perilaku serangga hutan dengan bidikan camera !


Berjalan-jalan ke hutan adalah salah satu hal yang sangat aku sukai hingga kini. Apalagi sambil berburu photo binatang liar. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar dari yang berukuran kecil sampai besar. Bahkan dalam satu batang pohon saja terdapat puluhan makhluk hidup sebagai penghuninya, dari mulai serangga, reptil, burung bahkan primata. Bisa dibayangkan bila kita menebang satu pohon saja, sudah berapa banyak makhluk hidup yang kehilangan tempat tinggal ? Dan bila hutan ditebang habis ataupun dibakar ratusan hektar, berapa juta makhluk hidup yang akan hilang dan mati ? 

Bagi orang yang jeli mengamati sekitarnya pasti akan sering menemukan obyek-obyek menarik disekitarnya untuk dipotret. Dan seringkali menemukan binatang-binatang yang bentuknya aneh dengan berbagai macam warna, bahkan mungkin tidak pernah menjumpai itu sebelumnya. 

Wildlife Photography tidak hanya menunjukkan tentang seni memotret saja, namum lebih banyak berperan untuk edukasi, karena bisa mengungkap berbagai jenis binatang yang mungkin belum pernah dijumpai sebelumnya, terutama binatang kecil seperti serangga (insekta) yang jenisnya begitu banyak. Seseorang yang punya hobby memotret hidupan liar terus-menerus akan belajar dari obyek barunya. Tidak hanya untuk inventarisasi dan identifikasi, tapi juga dapat mengungkap perilaku alami binatang liar, perilaku makan, reproduksi dan lain-lain, yang terkadang kita sendiri tak pernah tahu tentang itu sebelumnya. 

Kegiatan seperti ini juga menarik bagi orang yang punya hobby petualangan di alam bebas. Berhasil memotret binatang yang belum pernah dijumpai adalah suatu kebanggaan, apalagi bila menemukan hal yang baru. Selain itu semakin sulit mendekati obyek, justru menjadi tantangan tersendiri. dan itu sangat menarik dan semakin membuat penasaran.

Beberapa hari ini aku menelusuri jalan setapak di hutan belakang camp kami. Dalam beberapa menit saja telah menemukan banyak jenis serangga. Setiap kali perjalanan selalu menemukan jenis binatang baru. Aku tidak tahu nama binatang ini karena baru pertama kali juga melihatnya. Apakah anda pernah melihatnya dan tahu nama jenisnya ?



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar