Senin, 15 April 2013

Pemandangan indah sepanjang perjalanan antara Sungai Penuh - Kerinci menuju Tapan - Sumatera Barat

Kerinci (Kincai)
Dikelilingi oleh pegunungan dan Taman Nasional Kerinci Seblat
Kota Sungai Penuh di Kabupaten Kerinci, Jambi merupakan tempat favorit yang sangat saya sukai untuk dikunjungi selain kota Bukittinggi di Sumatera Barat.  Kedua kota kecil tersebut sama-sama memiliki pemandangan yang indah dan berhawa dingin.  Perjalanan yang ditempuh dari Tapan sampai dengan Sungai Penuh juga dapat sambil menikmati pemandangan indah di kiri dan kanan jalan, yakni melewati Taman Nasional Kerinci Seblat yang hutannya masih tampak asri.  Udaranya sangat sejuk, bahkan di bulan-bulan tertentu sangat terasa dingin menusuk tulang.  Bosan dengan pemandangan pantai di Bengkulu, bisa melakukan perjalanan kearah Kerinci untuk menikmati pemandangan hutan hujan tropis di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Inilah beberapa photo yang saya ambil saat menikmati perjalanan antara Sungai Penuh, Kerinci, Jambi menuju Tapan, Sumatera Barat.


Kota Sungai Penuh - Kerinci yang dikelilingi oleh pegunungan
dan Taman Nasional Kerinci Seblat
penuh warna
Salah satu sisi dari Taman Nasional Kerinci Seblat - wilayah Jambi

Hutannya heterogen

Hutan Pinus

Tanaman yang hidup di tebing batu di pinggir jalan

Sepanjang perjalanan dari Kerinci menuju Tapan Sumatera Barat, kita bisa menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang indah.  Setiap melewati Taman Nasional Kerinci Seblat saya berusaha untuk tidak tidur, sungguh sayang melewatkan pemandangan hutan yang sejauh mata memandang tampak hijau, dan membuka kaca mobil untuk bisa menikmati sejuknya udara pegunungan yang dingin mengenai kulit wajah.  Selain itu juga tampak danau kerinci dari atas serta bunga anggrek berwarna putih, merah dan merah jambu hidup di samping kiri dan kanan jalan, dan kita juga akan menjumpai air terjun di pinggir jalan.  Jalan yang berkelok-kelok diantara tebing dan jurang dan hutan lebat sungguh indah dipandang, dan membuatku tak pernah lepas dari kamera untuk mengabadikannya. Dan membiasakan diri memotret dalam perjalanan dengan pergerakan cepat karena mobil terus bergerak melewati obyek-obyek yang bagus untuk dipotret.  Sekali terlewat kita akan kehilangan obyek bagus untuk diphoto. Kemudian mulai memasuki wilayah Bengkulu pemandangan akan didominasi oleh pantai barat sumatera sampai memasuki kota Bengkulu. Sesampainya memasuki wilayah Bengkulu sangat bagus untuk hunting photo sunset di sepanjang perjalanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar